Paus, si Raja Lautan

hello fish..

            Sahabat, mari berkenalan dengan makhluk air yang satu ini. Dia besar, kuat, namun suka menolong dan baik hati (begitulah seperti yang di film, tapi apakah benar? Siapa tahu? Hehehhe..)
Baiklah, secara umum orang akrab menyebutnya dengan ikan paus. Namun sebenarnya itu kurang tepat. Paus berbeda dengan ikan. Secara klasifikasi pun berbeda, paus termasuk mammalia, dan ikan termasuk pisces. Perbedaan lainnya, paus mengandung, melahirkan, menyusui dan merawat bayi mereka sampai tumbuh besar, serta melindunginya dari ancaman bahaya. Sedangkan ikan bertelur dikarang atau tempat tertentu dalam jumlah banyak, bayi ikan menetas, makan sendiri dan menjadi besar atau dimakan oleh ikan lain. Nah.. sudah paham bedanya bukan?

Berikut secara anatomi saya jelaskan:















nah gimana? sudah cukup jelas kan?

Air Mancur Paus
Lalu, kalau paus bernapas dengan lubang hidung yang diatas itu, mengapa dari lubang itu keluar air seperti air mancur? Apakah paus meminum air laut dan mengeluarkannya dari hidung? Sebenarnya tidak, untuk apa paus melakukan itu?

Hal tersebut terjadi ketika paus menghembuskan nafas. Udara hasil pernafasan bersifat panas karena terjadi oksidasi didalam tubuh. Saat itu suhu air laut lebih dingin daripada udara yang dikeluarkan , akibatnya tekanan udara menjadikannya lebih padat dan keluar seperti uap. Sama ketika kita bernafas di musim dingin, dari mulut kita seperti keluar uap kan? Selain itu air yang ada di sekitar lubang hidung juga ikut meramaikan suasana. Tekanan udara kuat yang dikeluarkan paus menghamburkan air tersebut laksana sprayer. Begitulah kesan terciptanya air mancur dari lubang hidung paus.

Jenis Paus

Selain itu paus bukan  hanya berukuran besar saja lho. Lumba – lumba pun termasuk paus bertubuh kecil. Berdasarkan makanannya paus dibedakan menjadi dua jenis, paus bergigi (Odontoceti) dan paus bermisai (Mysticeti). Paus bergigi adalah tipe paus pemburu yang mempunyai deret gigi runcing yang digunakan untuk memotong daging. Mereka memakan ikan, sotong besar, serta ada pula yang memakan penguin dan anjing laut. Jenis paus ini kebanyakan bertubuh kecil eperti lumba – lumba, paus pembunuh, serta yang paling besar dan juga terkenal adalah paus bersperma, yang sering digunakan dalam film, juga ikon dalam novel “MobyDick”.


ini contoh gambar dari paus sperma.


Sedangkan paus bermisai adalah tipe paus besar, tetapi memakan jenis makanan yang kecil – kecil dalam jumlah banyakeperti udang, Krill, dn ikan – ikan kecil. Sebagai pengganti gigi, misai paus yang hanya ada di rahang atas berfungsi sebagai penyaring. Makanan masuk dalam jumlah banyak beserta air laut, ketika itu rahang bawah yang berkerut difungsikan menjadi sebuah kantong Makanan-Air yang super besar. Lalu air ditekan keluar melalui celah misai, tetapi makanan tetap didalam mulut lalu ditelan. Contoh dari jenis ini yang terbesar adalah paus biru, yang juga merupakan yang terbesar dari seluruh jenis paus. Dalam sehari paus biru dapat memakan udang kira – kira 4000 kg/ 40 ton, sama dengan satu truk besar.

Nyanyian Paus
Dalam hal komunikasi, paus adalah jagonya. Ia bisa mengetahui dengan pasti letak makanan dari komunikasi. Cara komunikasinya pun beragam, seperti melompat, dan bernyanyi. Melompat pun salah satu komunikasi yang bisa dipakai untuk mengkondisikan sesuatu. Seperti ketika ada ancaman, ada makanan, atau sedang bermain.
Selanjutnya bernyanyi, paus itu adalah musisinya lautan, dan diantara para musisi itu, maka paus bungkuk adalah Michael Jacksonnya. Si jantan akan menyanyikan lagu cinta untuk betinanya, biasanya dalam sekali merayu, paus jantan bisa bernyanyi selama 3 jam, atau bahkan seharian.

Semua paus bisa bernyanyi berkomunikasi di tempat terpisah sejauh 100.000 meter luar biasa bukan? Mengapa bisa sejauh itu?
Hal demikian terjadi karena gelombang suara yang dikeluarkan paus termasuk gelombang suara infrasonic, yaitu gelombang suara yang memiliki frekuensi rendah yang tidak bisa didengar oleh telinga manusia biasa. Didalam gelombang, semakin rendah suatu frekuensi gelombang suara, maka panjang gelombangnya semakin besar. Maka dari itu suara paus dapat didengar oleh paus lainnya meskipun berjarak 100 kilometer jauhnya. Gelombang suara ini juga berfungsi sama dengan radar. Positioning system ini sangat berguna ketika mencari makanan, juga mengetahui posisi paus lainnya.

Yak, Berikut saya punya beberapa fakta menarik tentang paus:

Ø  paus bisa saja bersikap jinak dan lemah lembut, tetapi ia juga kadang menyerang manusia.
Ø  Paus pembunuh merupakan paus paling agresif dan ditakuti oleh semua paus, bahkan oleh ikan hiu. Pernah diketahui seekor paus pembunuh menyerang dan memakan seekor Great white Shark, hiu pemakan manusia terbesar yang paling ditakuti  di film Jaws itu,  bacaORCA.



Ø  Paus yang menyelam paling dalam adalah paus bersperma. dia dapat menahan nafas selama kira – kira 90 menit atau satu setengah jam. Kemudian menyelam sedalam 3000 meter. Kira – kira sama dengan ketinggian gunung Fuji. Di kedalaman itu ia memburu mangsa favoritnya, cumi – cumi raksasa sepanjang 22 meter.








Ø  Paus umurnya hampir sama dengan manusia biasa. Bisa sampai 77 tahun, lumba – lumba 40 tahun, dan umur yang paling lama menurut catatan adalah paus bersirip punggung yang mencapai 116 tahun. Tapi masih lebih lama kura – kura, hehehehhee..

Bagaimana… hampir semua tentang paus telah saya bahas, sejauh ini semoga membantu,,
Tetap cintai paus, karena kebanyakan paus sekarang sudah hampir punah.
Terimakasih.
Salam sahabat alam..!!

Penulis : Zuikoten ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Paus, si Raja Lautan ini dipublish oleh Zuikoten pada hari Jumat, 21 Oktober 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Paus, si Raja Lautan
 
Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar